Deteksi Kebohongan Melalui Komputer





Hal ini terinspirasi dari bidang psikologi, yang mempelajari wajah manusia, untuk bisa mendapatkan petunjuk mengenai seseorang yang berbohong. Para ilmuwan komputer berusaha untuk mengeksplorasi apakah mesin komputer dapat membaca isyarat visual, yang memberikan beberapa tanda kebohongan.  Dikutip dari Machineslikeus.


40 percakapan direkam dalam penelitian ini, terdapat sebuah sistem, yang secara otomatis menganalisa pergerakan mata untuk dapat mengindentifikasi subjek wawancara, apakah ia jujur atau berbohong. Dan dari hasil penelitian ini, didapatkan tingkat keakuratan dari komputer yang bisa mendeteksi kebohongan ini sebesar 82,5 persen.

Ifeoma Nwogu, Seorang Asisten peneliti di CUBS (Center for Unified Biometric and Sensors), peneliti dari sistem komputer itu mengatakan, jika kita menggunakan sistem komputer tersebut, kita bisa memberikan akurasi untuk mendeteksi kebohongan yang lebih baik jika dibandingkan dengan ahli interogator. Terungkap di sebuah hasil pengujian, ahli interogator berpengalaman, hanya bisa mendekati 65 persen.

Sumber  : Fast Line News

0 komentar:

Posting Komentar